Di Jepang, harga satu buah Melon  bisa mencapai jutaan bahkan ada orang yang rela membeli melon seharga 45rb dollar us atau sekitar 600jt rupiah 


Usut punya usut, buah melon disana tidak "diperlakukan" seperti kebanyakan negara lain yakni hanya sekedar buah yg dimakan sehari-hari...tapi di Jepang, Melon adalah buah spesial yang sering dijadikan hadiah bagi orang-orang spesial sehingga hanya Melon dgn kualitas terbaik saja yang tentunya akan dibeli orang untuk dihadiahkan kepada orang lain.


Karena adanya budaya ini (yakni Melon sering dijadikan hadiah spesial), maka para petanipun berlomba menanam dan berinovasi demi menghasilkan Melon kualitas terbaik yg layak dijadikan hadiah spesial...ini yang menyebabkan harga melon disana sangat mahal layaknya buah "antik" yang sangat langka.

Selain itu orang jepang juga menilai Melon spesial ini dari motif kulitnya. Semakin cantik motif nya menurut mereka, maka harganya juga semakin mahal. 

Kalau punya kebun melon dan di expor ke jepang apakah harganya bisa mahal? Tidak juga...karena Melon nya hanya boleh dari tanah Jepang yang sudah di budidayakan secara khusus ya....


FOLLOW IG kami ya @tekno_sains
www.instagram.com/tekno_sains