Saat ekonomi global sulit seperti sekarang ini, ternyata Investasi untuk StartUp di bidang luar angkasa (Space StartUp) relatif gak kena pengaruh dan malah kian tumbuh. Artinya para investor gak segan untuk gelontorin duit investasi untuk para Space StartUp.

Para pentolan forma Investasi seperti Meagan Crawford dari Spacefund dan Chris Moran dari Lockheed Martin Ventures mengatakan kalau investasi dibidang industri luar angkasa (untuk para StartUp) malah tumbuh.

Menurut studi mereka katanya krisis ekonomi tahun 2008 dan 2020 ini tidak punya pengaruh. Bahkan sejak 2008, industri luar angkasa justru tumbuh sampai 7%. Trend ini tidak lepas dari makin banyaknya StartUp-startup baru di bidang antariksa menyusul kesuksesan SpaceX.

Sepertinya memang luar angkasa itu salah satu bisnis yang menjanjikan dimasa depan. Meskipun amat mahal, tapi bisnis ini akan tetap glowing nih karena customer-customernya pasti kebanyakan se-level Negara dan lembaga-lembaga antariksa dunia tentunya.

Gak jauh-jauh, Indonesia saja pakai jasa SpaceX untuk kirim satelit, duitnya tentu bukan receh tapi triliunan sekali proyek. Semakin banyak swasta dibidang antariksa semakin mantep tentunya, bayangkan jika nanti semuanya (para perusahaan swasta macam SpaceX, Blue Origin dll serta lembaga negara macam NASA, LAPAN, ESA) bisa kolaborasi...bisa jadi penjelajahan antar bintang tidak akan lama lagi

credit: techcrunch.com, spacefund.com

Cek juga instagram kami di : Teknologi & Sains (@teknsains) • Instagram photos and videos