Data Science sekarang ini menjadi salah satu bidang yang posisinya banyak di cari oleh perusahaan terutama perusahaan-perusahaan StartUp Digital. Nah namun tak jarang beberapa perusahaan masih ada yang mencari Data Science yang menguasai Coding beserta Data manipulation nya sekalian. 

Artinya sering kali Data Scientist & Data Engineer sepaket ada dalam satu orang karyawan padahal sebenarnya tidak ideal. Nah apa sih sebrenarnya perbedaan antara Data Scientist & Data Engineer ? 

Berikut ini ulasan ringkas keduanya yang bermanfaat bagi perusahaan atau bagi kamu yang hendak menentukan Career Path dalam Data Science. 

Data Scientist (Senior atau Profesional) umumnya mempunyai Background pendidikan dalam Science dan Matematika atau Statistika. Mereka juga biasanya punya latar belakang cukup tinggi, seperti kebanyakan Professional Data Scientist di Amerika yang banyak lulusan PhD. 

Di kita, umumnya lulusan baru S1 pun bisa untuk masuk dalam level Junior Data Scientist dan seiring jam terbang bisa naik menjadi Senior.

Data Scientist lebih bersifat (seorang yang melakukan) Research  dan bertugas untuk eksplorasi dana analisis data serta menentukan formulasi atau metoda yang tepat untuk mengenali data menjadi informasi yang berharga atau berguna bagi perusahaan.

Sementara Data Engineer (lebih bersifat teknis), sebenarnya adalah seorang Programmer atau seorang yang bergelut dengan Software Engineering yang bertugas membangun sistem untuk menyimpan dan mengambil/menggali Data yang diperlukan oleh orang lain termasuk oleh Data Scientist. 

(Data Engineer bertugas bagaimana data seperti gambar diatas bisa nampil/tersaji sementara Data Scientist bertugas menafsirkan atau mengambil kesimpulan dari sajian tersebut)

Data Engineer juga wajib faham dengan ekosistem Data (DBMS, Relasi Data, Size Data dll). Sebenarnya hal ini disisi lain bisa dikatakan juga Overlap dengan posisi DBA (Database Admin). Tapi pada prakteknya memang Data Engineer harus faham tentang Software dan Data di lingkuangan pekerjaannya.

Lebih lanjut, Data Engineer ini akan berkembang mempelajari teknik-teknik engineering data yang lebih advance seperti Machine Learning, Aljabar Linier. Disamping itu seorang Data Engineer juga harus familiar dengan Tools populer untuk menghandle Data seperti RDBMS, Hadoop, Apache Spark/Storm/Flink dll.

Berikut adalah table sederhana focus masing-masing posisi