Sekarang ini mempunyai Blog pribadi seakan menjadi wajib apalagi buat kamu yang suka nulis. Hobi menulis ini jangan disepelekan karena siapa tau tulisan-tulisan kamu disukai banyak orang dan bahkan bisa menghasilkan uang, makanya harus coba tuangkan secara Online di Blog dan bagikan ke orang-orang tulisanmu. 

Membuat Blog ini dari pengalaman gampang-gampang susah apalagi kalau kita pemula banget di dunia Internet dan Blogging. Banyak Platform yang menawarkan pembuatan Blog secara gratis masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Misal ada WordPress, Blogspot, Tumblr, Wix dan lain-lain. 

Buat yang pemula tentu cukup bingung mana yang mesti dipilih dan mana yang paling sesuai dan paling lengkap fiturnya. Nah kita akan bahas apa-apa aja yang perlu kamu siapin dan lakuin saat membuat Blog. Kita akan bagi dulu topik bahasan nya jadi: 

  1. Keuntungan punya Blog
  2. Menentukan Platform Blog
  3. Memilih WordPress sebagai platform Blogging
  4. Self-Hosted Blog dengan Domain sendiri
  5. Langkah Teknis membuat Blog di WordPress

Keuntungan Punya Blog 

Punya Blog sendiri tentu punya banyak manfaat selain sebagai tempat kamu berkreasi Blog juga bisa kamu manfaatkan untuk Portofolio pribadi, Promosi, Mendapatkan Uang dll. Puncaknya adalah menghasilkan uang dan ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Blog.

Kamu bisa dapetin uang di Blog dengan cara seperti 

  • - Iklan. Kamu bisa pasang iklan seperti Google Adsense, Iklan Banner pribadi dan banyak lagi yang lainnya
  • - Promosi Barang & Jasa. Kamu bisa promosikan barang jualan dan jasa kamu sendiri atau orang lain yang bisa kamu kenakan biaya
  • - Program Afiliasi. Dengan banyaknya Marketplace yang menawarkan Afiliasi seperti Blibli, Lazada dan lainnya, kamu bisa ikutan program ini dengan cara pajang katalog atau link mereka di Blog kamu. Tinggal tunggu saja berapa komisi yang kamu dapatkan

Masih banyak cara mendapatkan Uang lainnya dengan Blog, intinya kamu bisa menciptakan peluang menghasilkan uang sendiri disela-sela kesibukan.

Menentukan Platform Blog 

Ada banyak pilihan platform yang bisa kita pilih seperti WordPress, BlogspotTumblr, Wix dan lain-lain. Masing-masing platform punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kamu analisa dan bandingkan sendiri. Namun mencoba satu per satu itu melelahkan dan ngabisin banyak waktu. 

Pertimbangan dalam memilih Blogging Platform itu misalnya soal bagaimana Kemudahannya, Performanya, Keamanannya, SEO nya dan yang paling penting adalah Tujuan kamu apa. Kalau tujuan kamu membuat Blog hanya untuk sekedar tulis-menulis ringan seperti curhat dll kamu cukup pakai Tumblr atau Blogspot. Jika kamu ingin Blog kamu lebih flexible dalam artian bisa memuat tulisan pribadi dan bisa juga memuat konten profesional seperti Artikel bertema khusus, maka WordPress sangat cocok buat kamu. 

Memilih WordPress sebagai platform Blogging 

WordPress saat ini menjadi Blogging Platform paling populer dan lebih dari 75 juta (29%) website di dunia dibuat dengan WordPress. Mulai dari Situs-situs populer sampai ke blog pribadi semua ada. WordPress menawarkan paket lengkap dalam Blogging yang bisa kamu pilih. Kamu bisa pake yang Gratis atau yang berbayar dan perlu dicatat yang gratisan nya pun gak kalah OK sama yang berbayarnya.

WordPress menyediakan berbagai pilihan Template cantik nan-gratis yang bisa kamu pakai, mereka juga kasih CMS yang apik dan mumpuni dengan fitur lengkap. Kamu bisa upload tulisan, gambar, video sampai atur dan optimize SEO...semua lengkap. 

Ditambah komunitasnya yang banyak jadi kamu gak perlu khawatir ada masalah dengan Blog kamu karena banyak orang yang siap bantu jawab problem kamu dan juga tentu semua topik terkait WordPress sudah banyak bertebaran di internet. 

Self-Hosted Blog dengan Domain sendiri 

WordPress adalah platform open-source yang dapat diunduh siapa pun di WordPress.org. Di sana bisa menemukan tema, plugin, dokumentasi, blog developer, dan forum bantuan untuk untuk kebutuhan Blogging kamu.

Namun, ada website WordPress lain yang juga perlu kamu tahu, yaitu WordPress.com. Situs ini menawarkan solusi hosting untuk Situs atau Blog WordPress kamu mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Namun untuk yang gratis kamu mesti pakai Subdomain jadi tidak bisa punya Domain sendiri. Misal kalau pakai yang gratisan maka Domain nya akan seperti blogsaya.wordpress.com , tentu ini bisa dikatakan kurang match untuk Blog yang bagus dan profesional.

Membuat blog di WordPress memang harus bertahap dan sabar. Meskipun gratis dan bersifat open-source, Kamu pasti bertanya-tanya di mana harus memasang Blog-nya agar online? Bagaimana cara orang lain berkunjung ke blog kamu? Untuk itu, Kamu minimal butuh:

  • - Provider Hosting yang sesuai.
  • - Nama domain.
  • - Salinan WordPress

Kamu harus pilih Provider Hosting mana yang murah dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Biasannya disana juga kamu bisa beli Domain sendiri untuk Blog kamu. Nah jangan lupa tentuin dulu apa nama domain Blog kamu. Misalnya bloggue.com , blabla.com dll yang penting domainya sebisa mungkin TLD (Top Level Domain) yang berakhiran .com 

Langkah Teknis membuat Blog di WordPress 

Jika kamu sudah nentuin Provider hosting dan juga sudah punya Domain-nya, kamu tinggal pasang aja Blog WordPress kamu dengan langkah-langkah berikut. 

1. Install WordPress di Hosting Kamu

Biasanya layanan hosting menyertakan installer otomatis, akses melalui cPanel atau dashboard hosting utama Anda. Ada banyak cara tersedia; namun, semuanya mengikuti langkah dasar yang sama.

Pertama-tama, masuk ke dashboard atau cPanel dan buka Website > Auto Installer: 

Cari dan Pilih WordPress 

Pilih opsi WordPress yang muncul dan kamu akan diminta untuk mengisi formulir seperti gambar dibawah. Setelah itu, klik tombol Install untuk memulai proses instalasi:

Jika sudah kita lanjut ke step berikutnya

2. Mengatur Pengaturan Standar WordPress

Pengaturan ini standar dari WordPress, untuk pertama kali baiknya kamu ikuti saja langkah standar ini. Masuk ke dashboard WordPress. Kemudian buka Settings > General , disana ada beberapa pengaturan standar seperti judul dan tagline standar situs kamu.

Silahkan isi sesuai dengan topik Blg kamu. Isi dengan simple, gak terlalu panjang namun tepat menggambarkan Blog kamu. 

Jangan lupa juga untuk setting pilihan Bahasa dan Zona waktunya

Jika sudah, klik Save Changes. Selanjutnya Buka Settings > Discussion untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar, atau mengatur pembahasan terhadap kata kunci tertentu. Kamu bisa tentuin sendiri fitur-fitur apa saja yang mau kamu hadirkan di Blog 

Silahkan Simpan perubahan diatas, lalu sekarang buka Settings > Permalinks. Bagian ini penting karena juga menentukan struktur link Blog kamu dan ini sangat perangaruh ke SEO. Pilih opsi Post Name 

Klik Save Changes 

3. Pilih Tema/Template WordPress yang Menarik

Tampilan sangat penting bagi Blog kamu karena ini sejatinya adalah jati diri Blog kamu. Pilih Tema yang sesuai dengan Topik Blog. Kamu juga bisa membaca referensi tema-tema terbaik dulu di internet. 

Setelah memperoleh tema yang diinginkan, buka kembali dashboard WordPress, dan pilih Appearance > Themes > Add New: 

Pilih nama dari tema yang sudah kamu pilih di Direktori Tema WordPress. Setelah itu, klik Install dan Activate. 

Selamat!!!! sampai tahap ini kamu sudah berhasil membuat Blog cantik kamu. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah Menulis Artikel atau postingan pertamamu. 

Sekarang cobalah membuat Post 

Buat post pertama kamu sesuka hati, masukan Judul, Kontent dan gambar sesuai keinginan kamu. Lalu Publish dan silahkan buka Blog kamu di Browser. Well Done!!!

Setelah selesai, ada beberapa lagi yang harus kamu lakukan namun tentu tidak harus sekaligus juga. Seiring kamu mulai menggunakan WordPress kamu juga akan belajar hal-hal dan fitur-fitur lain di WordPress. Yang paling penting nanti kamu mesti belajar SEO agar Blog kamu ramah bagi Search Engine. Kamu juga harus belajar bagaimana menulis artikel yang baik dan benar, bagaimana penulisan dan penempatan keyword yang benar, membuat judul yang baik dll yang berkaitan erat dengan SEO. 

Banyak Hal yang bisa kamu Optimize lebih lanjut. Kamu bisa belajar banyak tentang hal itu di Hostinger. Hostinger siap meng-guide dan membantu kamu tentang apa saja yang berkaitan dengan Blog. Kamu juga bisa baca ini Cara Membuat Blog di WordPress untuk ulasan dan contoh yang lebih lengkap.

Nah bagi kamu yang mau buat Online Shop, Kamu bisa download dan ikutin tutorialnya nya di E-Book ini Membuat Toko Online Woocommerce Pemula. Selamat mencoba yah!