Planet Terbaru di Tata Surya Di Temukan ?
|Shares :

Planet Terbaru di Tata Surya Di Temukan ?

Sebenarnya Idea/pendapat tentang adanya Planet lain (setelah Pluto) di Tata Surya sudah lama dikemukakan oleh beberapa ilmuan. Namun kali ini 2 Ilmuan dari The California Institute of Technology (Caltech) , Mike Brown dan Konstantin Batygin mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bukti bawah Planet ke-9 itu ada.

Pluto : sudah tidak digolongkan sebagai planet lagi di Tata Surya. Sekarang orang menyebut Pluto dengan planet katai atau planet kerdil

Gambar olahan artis : Planet-9 diperkirakan sebagai planet Gas seperti Uranus dan Neptunus

Menurut Mike Brown dan Konstantin Batygin, Planet-9 ini Mengorbit di tepian Tata Surya atau di daerah Sabuk Kuiper. Planet ini diperkirakan memiliki massa 20x massa Bumi dan Orbit 20x lebih jauh dibanding Orbit Neptunus terhadap Matahari. 

Lebih gilanya lagi, menurut mereka Planet ini membutuhkan 10000-20000 tahun untuk sekali Revolusi (mengelilingi Matahari). 

Keberadaan Planet ini dideteksi oleh Brown dan Batygin menggunakan Model Matematika dan Simulasi Komputer, Belum secara langsung di Observasi di Observatorium. Layak ditunggu bukti "fisik" keberadaan Planet-9 ini melalui terawangan langsung di Observatorium.

Setelah Riset ini dipublikasi, Astronom diseluruh dunia termasuk dari NASA langsung menanggapi dengan berbagai idea. NASA sendiri tengah melakukan kroscek terhadap Riset dari Ilmuan Caltech ini.

Baca Juga : 

Anatomi Sistem Tata Surya kita

Tags : #planet #sains #astronomi


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains