Sebagaimana pada pembahasan tentang teknologi stealth dari pesawat tempur yang pernah kita bahas beberapa saat lalu, kita telah membahas teknologi stealth dari sudut pandang faktor bentuk pesawat. Namun sebagaimana diketahui untuk mencapai efisiensi stealth yang maksimum tentunya tidaklah cukup hanya mengandalkan faktor bentuk semata,namun tentunya harus dikombinasikan pula dari sisi material penyusun badan pesawat.

Untuk meningkatkan efisiensi stealth maka digunakanlah suatu material yang disebut dengan Radar Absorbing Material atau biasa disingkat dengan RAM. Sebagaimana yang kita ketahui radar merupakan alat deteksi yang sangat sensitif yang memancarkan gelombang-gelombang frekuensi tertentu dan telah banyak dilakukan pengembangan pada teknologi radar. Maka dari sinilah dimulailah banyak pengembangan pada sistem anti radar, diantaranya pemilihan material anti radar. Secara definisi radar absorber merupakan material yang mampu melakukan penyepadanan impedansi, atau pengertian sederhananya adalah penyerap resonansi (frekuensi alami). Material untuk RAM tersusun dari material-material yang memiliki sifat magnetik dan atau resistif. Sebagaimana pada penjelasan sebelumnya bahwa RAM mampu menyerap resonansi, namun perlu diketahui bahwa material RAM tentu tidak mampu menyerap gelombang radar pada semua frekuensi karena setiap material memiliki karakteristik resonansi yang berbeda-beda, sehingga usaha maksimal yang bisa dilakukan adalah menemukan komposisi material yang paling pas yang diharapkan memiliki kemampuan penyerapan gelombang yang dipancarkan radar yang paling maksimal dibanding material-material lainnya. Selain itu juga perlu diketahui pula bahwa kondisi cuaca yang buruk mampu menurunkan kemampuan stealth suatu pesawat tempur.

Sejarahawal penggunaan material Radar Absorbing Material dimulai ketika perang dunia 2 yakni siapa lagi kalau bukan Jerman yang memulainya. Jerman menggunakan RAMyang dulu biasa dikenal dengan istilah Sumphdan Schornsteinfeger, material ini digunakan pada perlengkapan periskop kapal selam milik jerman supaya tidak terdeteksi oleh radar pasukan sekutu. Material tersebut tersusun dari beberapalapisan graphite atau karbon dan material-material semikonduktor lainnya yang tertanam dalam matriks rubber material.

Salah satu jenis material RAM yang terkenal yakni adalah iron ball paint. Materia ini terdiri dari bola-bola besi yang berukuran sangat kecil yang dilapisi dengan carbonyl iron atau ferrite. Gelombang yang dipancarkan oleh radar akan menghasilkan getaran molekuler yang dihasilkandari pengaturan medan magnet pada material ini, dengan adanya fenomena getaran molekuler ini maka akan menyebabkan terjadinya konversi dari energi gelombangyang dipancarkan radar menjadi energi panas. Pada akhirnya energi panastersebut akan dialirkan menuju pesawat dan setelah itu panasnya akan dibuang.Partikel-partikel iron tersebut diperoleh melalui dekomposisi iron pentacarbonyl dan juga mengandung carbon, oksigen dan nitrogen. Pesawat F-117 menggunakan iron ball paint yang diisolasi secara elektrik pada ukuran-ukuran tertentu yang dilarutkan pada 2 bagian cat epoxy. Setiap bola-bola mikroskopis terlapisi oleh quartz (silicon dioxide) sebagai isolasi, ketika iron ball paint masih dalam keadaan cair maka dilakukanlah treatmen medan magnet dengan angka Gauss tertentu dan pada jarak tertentu untuk menghasilkan pola medan magnet tertentu pada carbonyl iron ball.

http://img.photobucket.com/albums/v699/xu-an/radar_absorb_fe.jpg

Material RAM jenis terbaru yakni menggunakan carbon nanotube yang mana material ini juga telah dipakai pada teknologi rompi anti peluru terbaru. Sebagaimana diketahui bahwa gelombang radar merupakan gelombang microwave, dimana gelombang ini mampu diserap oleh carbon MWNTs (Multi WalledNano Tubes). Dengan menggunakan MWNTs material maka objek yang akan nampak padaRCS (Radar Cross Section) akan menjadi kecil karena sebagian besar gelombang radar akan diserap oleh material ini. Namun perlu diketahui bahwa untuk menggunakan material ini dengan kandungan murni 100% masih belum mampu dilakukan, sehingga untuk mengakali masalah ini maka paling tidak material MWNTs bisa digunakan untuk melapisi material-material yang ukurannya sangat kecil semisal iron ball sebagaimana yang tadi disebutkan. Sangat menarik untuk mengikuti perkembangan teknologi RAM.

referensi :

en.wikipedia.org

dtic.mil