5 Usaha Sampingan ini Cocok Untuk Karyawan
|Shares :

5 Usaha Sampingan ini Cocok Untuk Karyawan

Seorang karyawan adalah pekerja yang umumnya terikat dengan waktu. Jam kerja mereka biasanya dimulai sejak pukul 9 pagi, hingga pukul 5 sore. Jika mereka memiliki jam lembur, jam kerja mereka bisa bertambah. Untuk hasil kerja kerasnya, mereka akan mendapatkan gaji yang teratur setiap bulanya. Besarnya gaji tergantung dari prestasi dan juga peringkat mereka di perusahaanya.

Seorang karyawan yang sudah berkeluarga maupun belum berkeluarga, pastinya memiliki kewajiban yang harus mereka penuhi. Kewajiban tersebut adalah membayar tagihan bulanan untuk air,listrik yang sehari-hari mereka gunakan. Ditambah lagi tagihan lain seperti TV digital, internet, kartu kredit yang biasanya dialami karyawan yang sudah berkeluarga.

Tidak sedikit dari mereka yang berfikir untuk mencari Usaha Sampingan 2016 yang akan menambah pundi-pundi tabungan mereka di tahun 2016 ini.

Menjadi karyawan sebuah perusahaan, sekaligus menjadi pengusaha atau berwiraswasta, rasanya bukan hal yang dilarang untuk dilakukan oleh seorang karyawan. Perusahaan tertentu juga tidak mengeluarkan larangan khusus bagi karyawanya yang ingin membuka usaha, selama itu tidak menggangu aktifitas dan pekerjaan karyawan tersebut selama di kantor. 

Jika anda seorang karyawan yang juga ingin memiliki usaha sampingan, usahakan anda benar-benar menguasai jenis usaha tersebut, dan sebisa mungkin anda memilih usaha yang cukup mudah dan tidak terlalu menyulitkan juga menyita waktu anda.

Pilihlah usaha yang bermodal kecil dan juga cukup banyak Satu hal lagi yang cukup penting anda lakukan sebelum memulai usaha sampingan ini adalah, siapkan rekening tabungan baru untuk menyimpan hasil profit usaha sampingan anda. Hal ini juga akan berguna, jika anda memilih untuk menjalankan usaha sampingan yang kedepanya akan berkembang dan beromset besar.

Dengan begitu, anda dapat memperhitungkan, berapa profit yang anda dapat dari hasil 
usaha anda, dan anda dapat membuat perencanaan keuangan anda.

Jenis usaha seperti apa yang bisa dijadikan usaha sampingan untuk karyawan? Dikutip dari duniakaryawan.com berikut 5 Usaha Sampingan yang cocok untuk para karyawan:

1. Membuka Jasa Laundry

Usaha Laundry rasanya sudah akrab di telinga kita. Ada banyak usaha laundry untuk karyawan maupun mahasiswa yang sebagian besar menjadi pelanggan setianya. Usaha ini juga bisa menjadi alternatif pilihan usaha sampingan, bagi anda, karyawan yang juga ingin berbisnis. 

Usaha laundry ini memiliki banyak pesaing, namun jika anda pintar menempatkan usaha ini pada tempat yang strategis dan tepat, dengan pelayanan yang maksimal lebih dari yang orang lain miliki, tentunya usaha laundry ini akan menjadi peluang usaha sampingan yang cukup Untuk memulai usaha ini, pastikan anda merekrut 1 atau 2 orang karyawan untuk berjaga di Kios Laundry.

Pastikan pelayanan yang baik dan maksimal adalah hal utama yang ada pada laundry anda. Buat promosi yang unik yang beda dari yang lain, seperti “ Cuci Hari ini, Ambil hari ini juga” pelayanan cepat ini, tentu akan menjadi pembeda antara usaha laundry anda dengan yang lain.

2. Usaha Loket Pembayaran

Jika anda seorang karyawan, yang tinggal di lingkungan perumahan yang penduduknya cukup banyak, usaha loket pembayaran ini cukup menjanjikan. Biasanya warga perumahan ingin bisa membayar semua tagihan bulanan mereka dengan mudah dan tidak susah, saat mereka sibuk, mereka malah tidak sempat untuk membayar tagihan mereka sehingga mereka menunggak. 

Masalah seperti ini bisa jadi peluang untuk anda membuka loket pembayaran di rumah anda. Pastikan anda bekerja sama dengan vendor Bank yang memiliki jasa loket pembayaran terlengkap, sehingga warga yang hendak membayar tagihan apa saja, bisa membayar di loket anda.

Karena anda seorang karyawan, usahakan agar usaha ini ada yang mengelolanya di 
rumah, misalkan istri atau anak anda yang memiliki banyak waktu dirumah. Usahakan semua warga yang membayar tagihan, membayar secara kontan.

3. Menjual Makanan di Area Car Free Day

Jika anda adalah karyawan yang sibuk di hari kerja, bahkan tidak ada waktu untuk memulai sebuah usaha, tapi ingin belajar menjalan usaha sampingan, anda bisa menjual makanan di lokasi car free day. Kegiatan car free day, hampir ada di setiap kota besar, dan diselenggerakan setiap hari minggu. Karena setiap hari minggu, para karyawan libur bekerja, anda bisa memanfaatkan untuk membuka usaha sampingan yang lumayan.

Makanan yang bisa anda jual Akan ada banyak pengunjung di CFD, rata-rata dari mereka berpeluang untuk membeli jajanan atau makanan. Makanan yang biasanya dicari oleh pengunjung adalah Nasi Uduk, Nasi Kuning, lontong sate, Fruit salad, sosis bakar, cupcake, kue tradisional dan lainya.

Anda bisa berjualan jenis makanan seperti itu. Selain cukup mudah, tentunya tidak akan menggangu aktifitas pekerjaan kantor anda.

4. Menjual Foto lewat Internet

Jika anda seorang karyawan yang memiliki hobi fotografi, anda juga bisa memulai usaha   sampingan anda dengan menjual hasil karya foto anda lewat social media, maupun situs-situs   lelang foto yang ada saat ini. Sebagai tahap awal, anda bisa mencoba di Istockphoto[dot]com   atau ShutterStock[dot]com. siapkan akun Paypal anda untuk komisi yang akan anda dapatkan  nantinya.

5. Membuat Blog

Membuat sebuah Blog rupanya sedang menjadi tren selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Anda tahu, ada banyak Blogger yang sukses menjadi artis atau orang terkenal karena Blog yang mereka tulis. Jika anda suka menulis, anda bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan anda. 

Baca juga: Orang Terkaya Di Dunia

Keuntungan yang akan dapat adalah dari hasil memasang iklan dan traffic pengunjung yang ada di blog anda. Usahakan anda membuat blog dengan tema sesuatu yang pernah anda alami dan kuasai. Dengan begitu, setiap melakukan posting, anda tidak akan kebingungan untuk memulainya. 

Demikian 5 usaha sampingan yang bisa para karyawan jalankan sebagai usaha sampingan mereka. Selain 5 usaha sampingan diatas, karyawan juga bisa mencoba Bisnis Online yang kebanyakan bisa dimulai dengan modal yang ringan. Semoga bermanfaat.

Tags : #


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains