5 Fakta Luar Biasa Planet Hot Jupiter
|Shares :

5 Fakta Luar Biasa Planet Hot Jupiter

Tahukah kamu Hot Jupiter atau Jupiter Panas ? , tipe planet yang satu ini ternyata cukup banyak ditemukan di alam semesta ini. Yang aneh dan mengagumkan adalah planet-planet seukuran Jupiter ini mengitari Bintang Induk nya dalam jarak yang sangat Dekat.


Ilustrasi planet Jupiter-panas. Image: ESA, NASA

Dalam teori ilmuan, tidak seharunya planet besar seukuran planet Jupiter begitu dekat dengan bintang nya. Namun faktanya  planet seperti ini justru banyak ditemukan dekat dengan bintang dan bahkan ada yang jaraknya hanya 0,015 AU dari bintang. Jauh lebih dekat dari jarak Merkurius ke Matahari, yakni 0.307 AU.

1 Astronomical Unit (AU) = 149 597 871 kilometers (+-140jtkm)

Berikut adalah 5 Fakta mengagumkan yang ditemukan pada Planet-planet Jupiter Panas (Hot Jupiter)

1. Suhu permukannya mampu melelahkan Perak & Timah

Eksoplanet-eksoplanet (Hot Jupiter) ini mengorbit Bintangnya dalam jarak yang sangat dekat yang akibatnya permukaan planet-planet ini dapat memiliki suhu lebih dari 1.000 derajat Celsius (1.832 Fahrenheit) di siang hari. Itu cukup panas untuk melelehkan banyak unsur dan beberapa logam, termasuk timah dan perak.

2. Perlahan Kehilangan Massa

Suhu yang begitu tinggi sudah pasti mampu mendidihkan dan melelehkan unsur-unsur dipermukannya apalagi Planet-planet ini adalah planet Gas. Temperatur ini mampu mendidihkan Gas sampai akhirnya menguap ke angkasa. 

Proses ini sama saja dengan 'bunuh diri' karena setiap saat Planet-planet Jupiter Panas kehilangan masa nya.  Diperkirakan bahwa planet Jupiter Panas HD 189733b, ditemukan 63 tahun cahaya dari Bumi, kehilangan 100,000,000-600,000,000 kilogram massa setiap detik.

3. Setiap Saat Terjadi Hujan Mematikan

Beberapa planet seperti ini tidak nampak berwarna merah jika dilihat dengan mata telanjang. Ilmuan melihat bahwa planet-planet ini justru nampak berwarna Biru, mereka menduga warna biru ini adalah effect dari hujan partikel Silicate yang menghantam atmosfir yang bersuhu tinggi.

Hujan Silicate yang jatuh kepermukaan ini amatlah mematikan. Anda bisa membayangkan hujan Silicate ini seperti hujan Kaca atau plastik keras yang meleleh.

4. Hot Jupiter tidak pernah diprediksi sebelumnya

Sebelum akhirnya banyak diketemukan oleh ilmuan, planet-planet ini justru tidak pernah diprediksi (akan ditemukan) oleh Ilmuan. Oleh karena itu masih banyak teori yang belum bisa dipastikan mengenai bagaimana planet seperti ini terbentuk dan berevolusi mengingat teori sebelumnya yang mengatakan bahwa sangat sulit bagi Planet sebesar Jupiter untuk mengorbit begitu dekat dengan bintang induknnya.

Untuk diketahui, Ilmuan sendiri memilik Sistem Pemodelan Planet yang menjadi acuan dan panduan bagi mereka untuk menemukan Planet-planet baru di alam semesta. Dan penemuan planet-planet Hot Jupiter ini tak pelak menyalahi pemodelan tersebut.

5.  Ilmuwan dapat dengan mudah menemukan mereka

Planet sebesar ini ditambah jaraknya yang begitu dekat dengan bintang induknya membuat Cahaya dari bintang ter-Blok atau terhalangi. Dan jarak yang sangat dekat berarti pula revolusi planet-planet ini begitu singkat sehingga ilmuan dapat dengan mudah menemukan dan menganalisa planet-planet sejenis ini.


Saat ini planet-planet Super panas seukuran Jupiter ini cukup banyak ditemukan di alam semesta dan boleh jadi masih banyak pula yang belum diketemukan. 

Satu lagi, kita tidak perlu bertanya apakah ada kehidupan atau tidak di planet ini :D . (spaceanswer)

Tags : #sains #astronomi


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains