Geografi - Mengenal Hidrosfer dan Siklus Air

By Budyks    Sains & Teknologi

Series sains kali ini kita akan mengulas materi saat dibangku SMP/SMA, mungkin lebih akrab dengan sebutan pelajaran Geografi untuk materi ini.

HIDROSFER

Hidrosferadalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danausungailautlautansalju atau gletserair tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara
nah , Planet bumi ini 2/3 nya adalah air, bahkan di daratan, jumlah air yang nampak maupun yang terdapat dalam tanah begitu banyak dan sulit diukur berapa volumenya.
Air punya siklus yang artinya bahwa proses daur ulang air secara terus menerus selama sumber nya masih ada.
 

Siklus Air (Siklus Hidrologi)

Air yang kita manfaatkan sekarang ini terbentuk jutaan tahun silam oleh siklus air atau daur hidrologi? Air di permukaan bumi selalu mengalami perputaran. Siklus air atau daur hidrologi adalah pola sirkulasi air dalam ekosistem yang dimulai dengan adanya proses pemanasan permukaan bumi oleh sinar matahari, lalu terjadi penguapan hingga akan terjadi kondensasi uap air, yaitu proses perubahan uap air menjadi titik air. Kumpulan titik air di atmosfer dinamakan awan. 

Bila uap air telah menjadi titik-titik air, maka hujan akan turun. Kemudian air hujan yang jatuh ke permukaan bumi akan tersebar, ada yang meresap ke dalam tanah, singgah di dedaunan, mengalir menuju laut melalui sungai atau mengumpul di danau, atau menguap lagi ke atmosfer. Siklus hidrologis dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut:

1  Siklus pendek, yaitu air laut menguap, terjadi kodensasi, uap air membentuk awan, kemudian terjadi hujan, dan kembali ke laut lagi. 

2. Siklus menengah, yaitu air laut menguap, terjadi kodensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan di atas daratan, hujan jatuh di daratan menjadi air darat, kemudian menuju laut.
3. Siklus panjang, yaitu air laut menguap, terjadi kodensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan di atas daratan hingga ke pegunungan tinggi, jatuh sebagai salju, terbentuk gletser, mengalir ke sungai, selanjutnya kembali ke laut lagi.
Sekian materi singkat kita :D
Referensi : SMA 2 Tasikmalaya , Wiki  

Comments



    Follow Us