Fisika - Cara Mengukur Kecepatan Pesawat Terbang

By Akbarpri    Sains & Teknologi

Kecepatan pesawat terbang di ukur menggunakan Alat yang dinamakan Tabung Pitot. Pitot diletakkan di bagian samping moncong pesawat. Tabung pitot digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara dengan menggunakan persamaan Bernoulli. Tabung ini memiliki dua jenis lubang. Satu lubang dihubungkan dengan pipa yang tertutup ujungnya.

Udara dalam pipa tersebut menjadi diam. Lubang lainnya berisi udara yang bersentuhan dengan udara yang bergerak. Perbedaan tekanan udara dalam dua lubang tersebut bergantung pada kecepatan aliran udara relatif terhadap tabung. Dalam pelajaran Fisika SMA atau Fisika dasar, umumnya pembahasan hanya sampai di situ. Sehingga benar-benar tidak menarik.

Tahukah kita bahwa tabung pitot adalah instrument utama pada pesawat terbang. Kalau kita lihat di sejumlah body pesawat kita akan amati sejumlah tabung logam yang menonjol dan menghadap ke depan. Itulah tabung pitot. Tabung tersebut digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara terhadap pesawat, yang artinya mengukur kecepatan pesawat terhadap bumi. Memang disain sudah sangat canggih, tetapi prinsip utamanya tetap seperti prinsip tabung pitot yang dibahas di Fisika SMA. 
Ref : Sains-Tek Kaskus

Comments



    Follow Us