Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan Melalui App

By Budyks    Sains & Teknologi

Semenjak BPJS meluncurkan BPJS Mobile, semua aktifitas yang berkaitan dengan BPJS seperti Setoran, Perubahan Kelas, Faskes dan lainnya kini jadi lebih mudah dan flexible. 

Kita sekarang tidak perlu antri panjang lagi di kantor BPJS dan bawa setumpuk dokumen persyaratan. Cukup dengan BPJS Kesehatan Mobile, semua bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat. 

Pindah Kelas BPJS Kesehatan seringkali dilakukan oleh peserta dengan alasan pribadi seperti Ingin naik fasilitas atau karena alasan ekonomi yang membuat orang ingin turun tingkat. 

Jika misal Anda sekarang ini terdaftar di Kelas 1, dan karena masalah ekonomi (setoran terlalu besar), anda bisa turun Kelas menjadi kelas 2 atau bahkan kelas 3. Perbedaan kelas berefek pada fasilitas kamar yang anda akan dapatkan dirumah sakit. 

Berapa Besaran Iuran BPJS Kesehatan? 

Kelas I : 80,000 per Orang

Kelas II: 51,000 per Orang

Kelas III: 25,500 per orang

Jika dalam satu keluar terdapat 4 orang maka kalikan saja. Misal 4 x 80,000 = 320,000 . Jumlah segitu cukup lumayan kan dan anda mesti setor tiap bulan

Bagaimana cara pindah kelas BPJS Kesehatan Online? 

Sangat simple, cukup Install Aplikasi JKN Mobile di Playstore 

Jangan salah pilih aplikasi, Pilih JKN Mobile lalu install. Jika sudah Silahkan Daftar untuk bisa menggunakan Aplikasi

Pilih Pendaftaran Pengguna Mobile , Setelah daftar silahkan Login ke Aplikasi anda. Jika sudah Login anda anda akan masuk ke halaman berikut 

Lihatkan, banyak menu yang bisa kita manfaatkan dalam "berurusan" dengan BPJS Kesehatan. Untuk mengubah Kelas, pilih menu Ubah Data Peserta , Anda akan masuk ke halaman berikut 

Pada kolom paling bawah, Ada menu Kelas silahkan pilih dan Ubah kelas sesuai dengan yang and inginkan. Untuk dapat pindah kelas, anda akan diminta memasukan nomor/token verifikasi yang akan dikirim ke No HP. 

Pastikan No HP anda belum berubah. Jika sudah berubah silahkan Ubah dulu No HP-nya di Aplikasi. 

Jika sudah berhasil mengubah Kelas, selanjutnya Tagihan anda akan sesuai dengan Kelas yang anda pilih. Selamat mencoba.

Comments



    Follow Us