Cara Install PHP di Komputer

By Budyks    PHP

Bagi pemula yang berminat menekuni web programming khususnya dengan bahasa pemrograman PHP, tentunya harus instalasi dahulu agar komputer kita bisa menjalankan kode-kode PHP. 

PHP berjalan diatas web server yaitu software yang mendukung proses penerjemahan kode-kode PHP agar bisa dibaca oleh mesin komputer kita dan juga browser sebagai alat utama display aplikasi yang dibuat dengan PHP nanti. 

Install PHP dengan XAMPP

banyak web server yang bisa dipakai seperti Apache,IIS PWS. kita hanya perlu dan diharuskan(sebenarnya) menginstall satu web server saja. kita akan menginstall Apache karena paling banyak di gunakan oleh web developer.
XAMPP adalah paket instalasi web server dari apache dimana didalamnya terdapat berbagai macam servis seperti Mercury email, Mysql, PHPmyadmin.
Download Source XAMPP versi stabil terbaru di http://apachefriends.org. ( sesuaikan versinya dengan OS kamu).
 

Proses instalasi XAMPP

  1. Klik file installer Xampp yang telah anda download
  2. Saat Muncul jendela instalasi xampp klik Next untuk memulai proses instalasi
  3. Akan ditampilkan window lokasi tujuan instalasi (destination folder), tentukan lokasi (folder) dimana XAMPP akan diinstall dengan menekan tombol Browse.. . lalu klik tombol Next > untuk melanjutkan proses instalasi.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan window pilihan untuk kemudahan mengakses XAMPP nantinya. Tekan tombol Install untuk melanjutkan proses instalasi.
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai lalu klik Finish
 
Untuk dapat menjalankan fungsi Apache dan MySQL anda hanya perlu membuka Xampp-control lalu mencentang servis yang ingin dijalankan. Kemudian untuk mengetes apakah xampp bekerja, anda cukup mengetikan localhost , untuk Mysql localhost/phpmyadmin di browser.
 
Membuat kode PHP pertama .
Buka folder instalasi XAMPP. masuk folder htdocs (semua project PHP harus disimpan disini) . buat folder baru misal folder test , buat 1 file index.php ketikan kode berikut
 
echo "Hello world........"
Buka di browser : http://localhost/test 
Biasanya setelah install XAMPP, kamu secara otomatis akan dapet Sotfware Database explorer atau editor phpMyAdmin. Silahkan buka di browser, untuk masuk ke phpMyAdmin buka tutorialnya disini  

Selamat mencoba. 
 

Comments



    Follow Us