5 Prilaku Penyebab Gagal Interview Kerja

By Budyks    Others

Banyak faktor penyebab gagal nya diterima kerja mulai dari tidak sesuai jurusan, IPK rendah, Fisik tidak sesuai, Skill tidak masuk dll. Selain itu, Prilaku saat interview juga dapat menyebabkan anda gagal lolos seleksi loh. 

Simak 5 prilaku saat interview berikut

1. Menceritakan keburukan atasan atau perusahaan terdahulu

Bagaimanapun ceritanya, jangan sekali-kali menceritakan kejelekan atasan atau perusahaan anda sebelumnya. Namun jika perlu, ceritakan hal-hal yang lebih proporsional dan tidak berlebihan seperti Gaji nya dibawah sandar, Gonta-ganti manajemen yang tak wajar dan persaingan yang tidak sehat

2. Cerita tentang Cinta atau hal pribadi yang berlebihan

Tak jarang pewanwancara menanyakan status asmara, namun bukan berarti selanjutnya malah jadi sesi curhat apalagi sampai menangis-nangis dan menjelekan pasangan atau mantan. Selain itu bercerita terlalu berlebihan tentang pribadi juga tidak boleh. 

Ceritakan diri anda sekedarnya saja dengan tentunya memperhatikan azas profesionalitas, kepatutan dan kewajaran.

3. Berpenampilan Lusuh/tidak sesuai

Datang menghadap pewawancara dengan pakaian lusuh, wajah lusuh, rambut kusut, badan (mungkin) bau, sepatu kotor dsb memang mungkin tidak semerta-merta membuat anda langsung diusir dari ruangan Interview. Namun  perhatikan sikap si-Pewawancara yang kemungkinan akan nampak mengerutkan dahi, malas bertanya, memalingkan muka dll, dan ini adalah pertanda buruk bahwa Anda sudah hampir pasti tidak lolos Interview.

Perhatikan juga jenis pakaian yang dipakai. Alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu pakaian keseharian di perusahaan yang dilamar

4. Bawa barang-barang berlebih

Coba saat anda memasuki ruangan, anda membawa benda-benda yang tidak perlu seperti membawa Jaket di tangan, tas besar, memegang HP/Tablet, kantong kresek dsb. Besar kemungkinan si Pewawancara menilai anda ini orang yang ribet dan tidak menghargai 'Kesakralan' interview.

5. Berkeluh-kesah

Cobalah berkeluh kesah tentang jalanan yang macet, BBM naik, Gaji gak naik dsb. Anda akan dianggap sebagai pribadi yang malas berhadapan dengan masalah dan tentu saja otomatis dinilai tidak akan berkontribusi banyak di perusahannya. 

Sebenarnya masih banyak prilaku yang bisa membuat gagal diterima seperti Perilaku, bahasa tubuh, telat dsb. Yuks perbaiki poin-poin ini agar kita bisa mudah lolos interview. 

Baca Juga 

Comments



    Follow Us