JavaScript Fundamental #1: Basic JavaScript

By Budyks    Javascript

Pada kesempatan ini dan kedepannya kita akan membahas JavaScript fundamental mulai dari yang paling basic sampai ke topic yang advance. Pertama, penyajian materi ini saya muat dengan gaya bahasa dan penyampaian yang ringkas dan tidak bertele-tele. 

Adapun pembahasan yang jaaauh lebih detail-nya kamu bisa cari lebih lanjut. Baik mari kita mulai. 

Basic Javascript 

Basic javascript sama seperti bahasa lainnya yakni soal tipe data, variable, nge-print sesuatu ke console atau browser. 
Javascript adalah bahasa pemrograman yang di standarisasi oleh ECMA, sebuah organisasi dibidang komputer di dunia. Semua spesifikasi JavaScript didasarkan pada spesifikasi dari ECMA Jadi Browser dan javascript Engine mau gak mau harus adopsi standar ini. Jika tidak atau terlambat maka berakibat tidak kompatible-nya syntax-syntax dan fitur-fitur terbaru yang ditambahkan ke Javascript Umumnya saat ini yang paling banyak di Adopsi adalah Javascript versi Ecma jadul.  Lalu sekarang sudah jaman-nya orang pakai versi Ecma-2015 atau disebut juga ES6..dimana banyak fitur dan syntax-syntax baru diperkenalkan. 
Deklarasi Variable 
Sekarang deklarasi variable lebih ditekankan untuk menggunakan operator let dan const dibanding pake var. let dan const adalah fitur baru di ES6. 
 var nama = "Budi"; // boleh, tapi sekarang tidak di rekomendasi let nama2 = "Budi"; // recommended const race = "Asian"; // recommended
Untuk membuat constant juga pake keyword const
 const SPESIES = "Human";
Nge-print ke Console atau Browser
nge-print ke console sangat penting dan sering kita lakukan saat development. untuk melihat console di browser silahkan klik kanan inspect element atau tekan F12. 
 // output ke console console.log(nama); console.dir(nama); // output ke browser alert(nama);
Types di Javascript 
Di bahasa pemrograman lain kita nyebutnya Tipe Data, kalau di JavaScript kita sebutnya Types saja. Ada 7 Type di JavaScript yaitu 
  • 1. null
  • 2. undefined
  • 3. string
  • 4. number
  • 5. boolean
  • 6. symbol (baru ada di ECMAScript 2015 atau ES6)
  • 7. Object (non-primitif)
Kok array gak masuk? karena di Javacsript Array adalah salah satu jenis dari Object. 
 let name = "Budi"; //string console.log(typeof name); //string let age = 40; // number  let isTrue = true; // bolean let isFalse = false; //bollean let hobby;  console.log(hobby); // undefined..undefined itu sama dengan "no-assigned"..jadi variablenya tidak di assign sesuatu let move = null; // null ...null menunjukan ketidakadaan (emptyness)
 let myName;  console.log(typeof myName); // undefined
Perlakukan khusus JavaScript kepada beberapa tipe data primitif
 let a = "2" * 3; // 6 .."2" akan di conversi ke number let b = "6" / 2; // 3 .. "6" akan dikonversi ke number let c = "2" + 3; // 23 .. jika opeatornya +, dianggap konkatenasi...jadinya 3 akan diconvert jadi string let d = "test" * 2; // NaN let z = "test" + 2; // test2 ..ingat tanda + dianggap konkatenasi pada operasi aritmatika let o = "5" - 2; // 3 let n = "2" + "2" - "2"; // 20 ..karena javascript akan evaluasi operator selain + dulu pada kasus ini //konversi number ke string let u = 123; //number let x = u.toString(); // x skrg jadi string 123 //konversi string ke number let m = "123"; let n = parseInt(m); // 123 integer let o = parseFloat(m); //123 floating point
Silahkan dicoba sendiri di console agar lebih faham. Selanjutnya kita akan bahas fundamental JavaScript lebih jauh lagi. So subscribe dan pentengin situs kami yah.

Comments



    Follow Us