Dilansir dari berita teknologi terbaru hari ini, dikabarkan bahwa Telkomsel akan meluncurkan layanan baru yang bernama FleetSight. Layanan yang satu ini diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang
ingin memantau pergerakkan armada mobilnya.

Layanan FleetShigt merupakan sebuah perangkat berbasis GPS yang akan dibenamkan pada armada mobil, sehingga akan terhubung pada platform lewat jaringan 2G/3G Telkomsel. Dengan jaringan internet, maka semua data dan informasi tentang armada mobilnya dapat di akses oleh si pengguna melalui Web Dashboard.

Ini adalah solusi bagaimana perusahaan mengelola fleet agar bisa lebih aman, efisien, dan tentu saja membantu meningkatkan produktivitas, ungkap Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, saat diwawancarai di acara peluncuran FleetSight di Telkomsel Smart Office, Jakarta, pada hari Senin 27/11/2017.

Selain itu, Ririek juga menegaskan bahwa ini berbeda dengan FleetSight yang ditawarkan Telkomsel, apabila solusi yang disediakan oleh perusahaan lain yang diharuskan membeli perangkat dan paket data dari operator seluler secara terpisah, maka dengan layanan FleetSight dari Telkomsel semuanya sudah dikemas menjadi satu paket.

Menurut Mariana Kacaribu selaku Vice President Internet of Things (IoT)
Telkomsel, tercatat ada 3 nilai lebih (value) yang akan didapatkan oleh para konsumen apabila mengadopsi layanan FleetSught yang satu ini. 3 nilai lebih tersebut diantaranya adalah keamanan, produktivitas, dan integrasi bisnis. 

Dari segi keamanan, perusahaan atau konsumen bisa melacak keberadaan mobilnya secara akurat, dan memonitori perilaku si pengemudinya. Dari segi produktivitas, perusahaan atau konsumen dapat mengoptimalkan penggunaan mobil, serta memantau semua pengeluaran biaya mobil.

Dari segi integrasi bisnis, perusahaan atau konsumen akan mendapatkan Dashboard analitik yang mampu berkolaborasi dengan sistem legacy milik perusahaannya. Dengan kata lain, mereka akan mendapatkan berbagai insight dari data kendaraannya.

Terlepas dari semua hal itu, FleetSight dikembangkan oleh Telkomsel dengan target Sascar, yang merupakan perusahaan teknologi yang telah diakui oleh pabrik ban di Perancis, yakni Michelin pada tahun 2014 lalu.

Terdengar kabar bahwa ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakan layanan FleetSight dari Telkomsel diantaranya adalah Koperasi Telekomunikasi Seluler, Astra, Daihatsu, PT Pamapersada, dan masih banyak lagi.