Mesin sudah menjadi teman manusia dalam beraktifitas dan bekerja sejak lama sekali. Namun kini mesin telah bertransformasi menjadi "mahluk" yang lebih canggih, modern bahkan bisa berbicara dan punya kemampuan layaknya manusia. 

Sejak Industri mulai menyentuh level yang "gila" dimana Efisiense Waktu dan Biaya menjadi tak terelakan lagi, maka kebutuhan akan pekerja yang mampu bekerja cepat, efisien dan murah menjadi sangat urgent. Celakanya, kita harus akui bahwa paramater tadi sulit dikerjakan oleh manusia sehingga mau tidak mau para pelaku bisnis beralih ke Robot. 

Manusia memang dan tentu jauh lebih bernilai daripada robot dan juga banyak posisi yang tidak bisa digantikan oleh robot seperti posisi Managerial, Accounting dsb. Namun ditempat lain, posisi manusia ternyata mulai bisa digeser bahkan digantikan oleh Robot. 

Tengok saja Amazon dan Alibaba yang sudah mulai membuka gerai supermarket tanpa kasir dan pegawai. Mereka juga sudah memiliki Sistem Warehouse yang fully-automated alias menggunakan robot. Bahkan di Indonesia, Industri perbankan mulai menggunakan konsep digital lounge dimana orang bisa membuka tabungan dan berinteraksi dengan servis mereka tanpa campur tangan teller lagi. 

Nah kini di benua Eropa perbandingan pekerja Robot dan Manusia sudah mencapat 99:10000 artinya setiap 10rb pekerja, 99 nya adalah Robot. Khusus di Jerman bahkan sudah tembus 309:10000. 

Statistik ini seiring berkembangnya bisnis pasti akan terus naik dan bisa saja mengancam pekerjaan manusia. Nah berikut statistik lengkapnya

Image: statista

Nah yang bisa kita lakukan agar tidak tersisih oleh Robot adalah memilih pekerjaan atau profesi yang sulit digantikan Robot. Terutama untuk yang mau masuk Kuliah, Pilihlah jurusan yang sekiranya masih aman dari jajahan robot atau mesin otomatis lainnya.