Tips 5 Cara Memotivasi Diri

Tips 5 Cara Memotivasi Diri


Kita seringkali bermalas-malasan atau pesimis apalagi setelah mengalami kegagalan. Agar gerak langkah mendapatkan yang kita inginkan itu semakin mudah maka kita perlu memotivasi diri sendiri.

Motivasi sendiri begitu penting dan sebenarnya sumbernya bisa dari apa dan siapa saja. Banyak orang yang sering ikut seminar untuk memotivasi diri dan banyak juga yang mengikuti cara-cara lain.

Tapi tetap saja, Motivasi yang timbul dari dalam diri sendirilah yang paling kuat efeknya.

Berikut 5 langkah sederhana memotivasi diri sendiri.



1. Ubah Penampilan

Jika kita sudah cukup lama atau rata-rata berpenampilan sama mulai dari Pakaian, penataan Rambut dsb. Maka sekarang ganti itu semua. Misal pilih warna pakarian yang ceria dan membawa semangat atau bisa juga warna favorit.

Gaya rambut yang belah dua atau kepang, kita ganti juga dengan gaya terbaru yang lebih fresh sehingga mengundang semangat dan sapaan orang banyak.

2. Jangan dengarkan lagu cengeng

apalagi setelah putus cinta, jangan sekali-kali mendengarkan lagu-lagu melow. Mulai sekarang perbanyak mendengarkan lagu-lagu dengan beat cepat, atau lagu motivasi dsb.

Para motivator sering kali membawakan lagu "I have a dream" dari Westlife. Kita juga sangat dianjurkan mendengarkan lagu ini apalagi setiap pagii.

3. Tebar Sapa

Sekarang kita tunjukan pada orang lain betapa bersemangatnya kita menjalani hari ini dan hari-hari selanjutnya. Tebar sapa "Selamat pagii", "Pagiiii", "Hi apa kabar" dan tersenyumlah. Maka hati dan jiwa kita akan terasa lapang dan fresh.

4. Percepat Langkah

Jika sebelumnya kalau jalan dengan kecepatan yang normal bahkan cenderung lambat, sekarang percepatlah. Ini menandakan bahwa kita sedang serius dan tak mau ketinggalan dari apa yang sedang kita kejar. 

Hal ini juga secara psikologis dapat memicu semangat dan kekuatan jiwa kita.

5. Banyak memberi atau sedekah

Coba peraktekan dan rasakan kekuatan dan perasaan ketika kita memberi sesuatu kepada seseorang. Hati dan jiwa kita akan relax, tenang dan memicu semangat untuk lebih bahagia.

Tidak perlu risau harta kita habis, karena yakinlah Tuhan akan membalas kebaikan kita berkali lipat. Tapi tentu kita juga harus menghitung dulu kebutuhan kita yah.


Budy K's Avatar

Budy K

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!