5 Tips agar anda Gagal Interview Kerja

5 Tips agar anda Gagal Interview Kerja


Tenang saja, ini bukan menyarankan agar anda Gagal kala menghadapi Wawancara kerja kok. Banyak hal-hal yang membuat pewawancara (biasanya Psikolog) enggan memanggil anda kembali alias anda tidak lolos.

Dan berikut adalah 5 diantaranya yang dapat anda lakukan untuk Gagal diterima kerja

1. Menceritakan keburukan atasan atau perusahaan terdahulu

Bagaimanapun ceritanya, jangan sekali-kali menceritakan kejelekan atasan atau perusahaan anda sebelumnya. Namun jika perlu, ceritakan hal-hal yang lebih proporsional dan tidak berlebihan seperti Gaji nya dibawah sandarGonta-ganti manajemen yang tak wajar dan persaingan yang tidak sehat

2. Cerita tentang Cinta atau hal pribadi yang berlebihan

Tak jarang pewanwancara menanyakan status asmara, namun bukan berarti selanjutnya malah jadi sesi curhat apalagi sampai menangis-nangis dan menjelekan pasangan atau mantan. Selain itu bercerita terlalu berlebihan tentang pribadi juga tidak boleh. 

Ceritakan diri anda sekedarnya saja dengan tentunya memperhatikan azas profesionalitas, kepatutan dan kewajaran.

3. Berpenampilan Lusuh-lah

Datang menghadap pewawancara dengan pakaian lusuh, wajah lusuh, rambut kusut, badan (mungkin) bau, sepatu kotor dsb memang mungkin tidak semerta-merta membuat anda langsung diusir dari ruangan Interview. Namun  perhatikan sikap si-Pewawancara yang kemungkinan akan nampak mengerutkan dahi, malas bertanya, memalingkan muka dll, dan ini adalah pertanda buruk bahwa Anda sudah hampir pasti tidak lolos Interview

4. Bawalah barang-barang berlebih

Coba saat anda memasuki ruangan, anda membawa benda-benda yang tidak perlu seperti membawa Jaket di tangan, tas besar, memegang HP/Tablet, kantong kresek dsb. Besar kemungkinan si Pewawancara menilai anda ini orang yang ribet dan tidak menghargai 'Kesakralan' interview.

5. Berkeluh-kesahlah

Cobalah berkeluh kesah tentang jalanan yang macet, BBM naik, Gaji gak naik dsb. Anda akan dianggap sebagai pribadi yang malas berhadapan dengan masalah dan tentu saja otomatis dinilai tidak akan berkontribusi banyak di perusahannya. 

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang bisa anda tempuh agar tidak diterima Kerja seperti Perilaku, bahasa tubuh, telat dsb.



Budy K's Avatar

Budy K

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!