Yahoo Jalin Kerjasama dengan Firefox Ubah Default Search Engine
|Shares :

Yahoo Jalin Kerjasama dengan Firefox Ubah Default Search Engine

CEO Yahoo Marissa Mayer mengatakan kesepakatan antara kedua perusahaan yang dimulai Desember tahun ini akan membantu meningkatkan ketertinggalan di pangsa pasar mesin pencarian.

Mayer tidak mengungkapkan nilai finansial, dan hanya menyebutkan bahwa kemitraan tersebut berdasarkan perjanjian bagi hasil keuntungan dan termasuk beberapa perjanjian lainnya.

Kemitraan tersebut, yang mengintegrasikan mesin pencari Yahoo ke peramban (browser) Firefox untuk komputer meja dan perangkat seluler lainnya seperti ponsel, akan menghasilkan peningkatan pangsa pasar untuk Yahoo, ungkap Mayer Rabu (19/11) dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Dengan kesepakatan ini berarti pengguna Firefox di AS akan otomatis dihubungkan ke hasil pencarian di laman Yahoo ketika mereka mengetik pertanyaan ke kotak kecil yang muncul di bagian atas peramban.

"Ini akan menjadi kesempatan terbesar untuk pencarian terarah independen yang tersedia di pasar,'' ujar Mayer, yang menolak menyebutkan perkiraan berapa besar kesepakatan ini akan meningkatkan nilai Yahoo.

Pangsa Yahoo di pasar pencarian AS untuk komputer meja saat ini sebesar 10 persen, menurut perusahaan riset industri comScore, dibandingkan dengan Microsoft dengan kurang lebih 20 persen dan Google 67 persen.

Google sebelumnya menjadi pilihan mesin pencari standar bagi pengguna Firefox di dunia internasional. Kesepakatan dengan Google selama tiga tahun telah berakhir, membuat Mozilla melakukan kesepakatan dengan beberapa mesin pencari di beberapa daerah yang berbeda, termasuk Baidu Inc. di China dan Yandex NV di Rusia.

Yahoo mengatakan telah memperbaiki penampilan mesin pencarinya, menggunakan lebih banyak grafik dan foto untuk kemitraan dengan Firefox ini. Hasil pencarian laman akan terus dimotori oleh Microsoft, menjamin kemitraan selama 10 tahun yang telah dimulai oleh Yahoo dan Microsoft pada 2010.

Firefox memegang 10,4 persen pasar peramba komputer meja, ponsel dan tablet bulan lalu, menurut perusahaan data teknologi StatCounter. Browser milik Google, Chrome, memimpin dengan 33,5 persen. 

Sebelumnya Jika anda membuka Firefox akan tampak pada halaman muka Default search Egine seperti berikut 



Pasca kerjsama ini tentu itu akan berubah menjadi antarmuka milik Yahoo. 


Ref  : VOA Indonesia

Tags : #internet #yahoo


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains