Uber menambah kebijakan tarif layanan nya yang kali ini disebut "Harga Ramai" atau Surge Pricing

Kebijakan ini secara singkat adalah harga/tarif Uber anda akan lebih mahal saat Permintaan perjalanan dari customer lebih banyak di banding ketersediaan jumlah Uber Driver di lokasi terdekat. Dan tarif akan kembali normal saat permintaan dan ketersediaan Normal.


Saat melakukan pemesanan perjalanan dengan Uber, Anda mengharapkan perjalanan yang dapat diandalkan kapan saja Anda membutuhkannya. Salah satu cara yang kami lakukan untuk memenuhi harapan Anda tersebut adalah melalui sistem harga dinamis yang dinamakan Harga Ramai (Surge Pricing).

Jangan khawatir, karena Uber akan mengirimkan Notifikasi kepada customer jika KONDISI harga ramai tengah berlaku. Jadi anda bisa menghindari atau memilih untuk tidak melakukan perjalanan jika Harga Ramai ini tengah berlaku di lokasi anda









Berikut adalah kutipan lengkap dari Pihak Uber 

Apa itu Harga Ramai (Surge Pricing)?

Harga ramai adalah sistem yang diotomatisasi berdasarkan prinsip persediaan dan permintaan. Ketika permintaan dari penumpang lebih tinggi dari persediaan mitra pengemudi di jalan, biaya perjalanan akan secara otomatis meningkat. Peningkatan biaya perjalanan mendorong penambahan mitra pengemudi dalam sistem untuk mencukupi permintaan di saat-saat  yang Anda butuhkan. Biaya perjalanan akan secara otomatis menurun ke tingkat normal segera setelah jumlah kendaraan di jalan mencukupi permintaan.

**Sebagai perusahaan teknologi, uber menghubungkan mitra pengemudi dan penumpang melalui aplikasi, karenanya, pengemudi memegang kendali atas berapa banyak waktu yang akan mereka gunakan untuk mengemudi di dalam sistem ini. Dengan fleksibilitas ini keputusan mitra-pengemudi lah yang menentukan ketersediaan kendaraan di jalan. 

Bagaimana Harga Ramai (Surge Pricing) Memaksimalkan Jumlah Perjalanan Uber?

Saat terjadi Harga Ramai, kami bisa mendapatkan lebih banyak mitra pengemudi dalam sistem – hal ini merupakan prinsip dasar ekonomi. Peningkatan biaya perjalanan akan mendorong lebih banyak pengemudi untuk online di pagi hari, akhir pekan dan masa liburan. Sistem ini juga mencegah pengemudi untuk mencari alternatif lain seperti menyewakan mobil, atau mencoba mengemudi sendiri untuk mencari pengguna di jalan. Biaya perjalanan yang meningkat berarti akan tersedia lebih banyak kendaraan, yang berdampak pada lebih banyak perjalanan, sehingga lebih banyak orang bisa mendapatkan perjalanan yang efisien, aman dan penuh gaya.  

Menghindari Harga Ramai (Surge Pricing)?

Kami akan selalu mengingatkan Anda dengan informasi yang jelas saat Harga Ramai (Surge Pricing) sedang berlangsung. Masukkan informasi lokasi penurunan dan dapatkan perkiraan biaya perjalanan Anda.

Ingatkan Saya Saat Harga Ramai Berakhir

Kami juga menawarkan fitur yang memberikan notifikasi kepada penumpang bisa harga ramai telah berakhir di lokasi Anda dalam 30 menit.

Caranya?

  1. Tekan tombol NOTIFY ME IF SURGE ENDS
  2. Konfirmasikan bahwa Anda mau mendapatkan notifikasi Push jika harga ramai menurun
  3. Silakan menunggu atau menutup aplikasi; pilihan ada di tangan Anda

Kami tahu Anda menggunakan Uber karena Anda harus pergi ke lokasi tertentu atau bertemu orang lain pada waktu tertentu. Karenanya, Kami ingin memastikan Anda mendapatkan perjalanan yang dapat diandalkan, dan terkadang hal itu membutuhkan Harga Ramai (Surge Pricing) untuk mendapatkan lebih banyak pengemudi di jalan. Tetapi, bila jadwal Anda lebih fleksibel, Anda dapat menunggu perjalanan yang lebih hemat dan tetap dapat diandalkan.