Rosseta (kiri) dan Philae(kanan)

Setelah mendaratkan Philae ke Komet 67P/Churyumov–Gerasimenko, Rosseta sang 'Induk' terus menerus memantau Philae dari atas Komet termasuk menerima data-data ilmiah terkait material dan hal lain dipermukaan Komet.

Baru-baru ini Philae mengirimkan data ke Rosseta yang kemudian diterima oleh ESA di Bumi, data tersebut telah melalui kajian dari Ilmuan ESA dan intinya menyimpulkan bahwa Spesimen atau sample itu menunjukan bahwa Air di Bumi kemungkinan bukan berasal dari Komet.

Berarti juga bisa dikatakan bahwa kehidupan di Bumi bukan berasal dari benda-benda angkasa sepeti komet seperti yang sebelumnya Ilmuan pikir.

Telah sejak lama para ilmuan memikirkan bagaimana dan darimana Air dibumi berasal. Karena menurut pengetahuan yang mereka dan kita pada umumnya ketahui , bahwa awal mulanya bumi tidak memiliki Air. Saat Bumi masih muda tidak ada air, yang ada hanya lapisan magma dan tanah yang tengah memulai Evolusi. 

Jika demikian, maka darimana Air itu berasal ? semua ilmuan termasuk ilmuan ESA sendiri masih belum menemukan bukti ilmuah yang kuat mengenai hal ini.

Meski begitu pihak ESA sendiri masih akan terus menggali bukti-bukti ilmiah di Komet 67P/Churyumov–Gerasimenko dan akan terus mengupdate informasi terkait misi Rosseta kedepannya. (ref : ESA)