Minggu ini India memecahkan rekor mereka sendiri sebelumnya dalam menanam pohon. Tak tanggung-tanggung, 66juta pohon berhasil ditanam dalam waktu 12 jam saja. Penanaman yang dilakukan di daerah Madhya Pradesh, India tengah ini melibatkan puluhan ribu sukarelawan yang sangat antusias.

India negara besar yang sebagian besar wilayahnya masih tandus ini berjuang untuk program "Green Industry" dan juga dalam rangka meluaskan Hutan mereka menjadi sekitar 95juta hektar pada tahun 2030. 



Program ini adalah bagian dari komitmen India setelah  Konfrensi Iklim dunia di paris (Paris Climate Change Conference) lalu. Hal ini tentu bentu aksi nyata yang patut di tiru negara-negara besar lainnya. Sayangnya, negara adidaya amerika serikat justru menyatakan mundur dari perjanjian di Paris lalu.

Melalui program tanam pohon ini, Pemerintah india ingin menyelamatkan reputasi negaranya yang selama ini dikenal sebagai salah satu dari negara penghasil polusi terbesar baik dari segi Transportasinya maupun Industrinya.

Semoga indonesia mengikuti yah, karena lahan hutan utama kita di Kalimantan sana kian hari kian menipis saja akibat pembebasan lahan dan diperparah dengan pembakaran lahan.