NASA : Mars Dulu Memiliki Air lebih banyak dari Air Samudra Arktik
|Shares :

NASA : Mars Dulu Memiliki Air lebih banyak dari Air Samudra Arktik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ilmuan NASA, dulu planet Mars memiliki Air yang lebih banyak ketimbang air yang sekarang ada di Samudra Arktik.

Kesimpulan ilmuan ini didapat dengan bantuan Ground-Base Observatorium yang mengukur tanda-tanda dan komposisi Air di Atmosfir planet Mars. Mereka juga tengah mencari jawaban mengapa Air yang cukup banyak itu menguap dari permukaan Mars.

"Penelitian kami menghasilkan estimasi yang kuat tentang berapa banyak air yang pernah ada di Mars, dengan menentukan berapa banyak air yang hilang ke angkasa," kata Geronimo Villanueva, seorang ilmuwan di NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.


Permukaan Mars terdapat air

Image Credit: NASA/GSFC


Ilmuan menyatakan bahwa mungkin sekitar 4,3 miliar tahun lalu, Mars memiliki air yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan sampai kedalaman 450 kaki (137 meter) . Bahkan mungkin, air tersebut membentuk lautan yang menempati hampir setengah dari belahan bumi utara Mars.

Hasil studi terbaru ini menjadi bekal bagi NASA menghadapi persiapan misi Eksplorasi Mars 10-30 mendatang. Program Eksplorasi Mars NASA nanti berusaha untuk mengkarakterisasi dan memahami Mars sebagai sistem yang dinamis, termasuk keadaan Mars sekarang dan masa lalu, siklus iklim, geologi dan potensi biologi. Secara paralel, NASA sedang mengembangkan spaceflight  yang diperlukan untuk misi pulang-pergi ke Mars di tahun 2030-an. (NASA)



Tags : #nasa #mars #astronomi #sains


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains