Luar Angkasa Mungkin Tampak Kosong seperti yang kita ketahuai selama ini. Padahal sebenarnya Luar angkasa itu tempat yang dinamis, didominasi oleh kekuatan tak terlihat, termasuk kekuatan yang diciptakan oleh medan magnet.

Sebenarnya, matahari, bumi dan banyak planet lainnya dikelilingi oleh gelembung magnetik raksasa. Magnetosphere adalah area di sekitar planet dan bintang yang didominasi oleh medan magnetnya masing-masing. Dan ini ditemukan di seluruh tata surya kita. 

Selimut medan magnet yang mengelilingi sebuah planet melindungi Planet tersebut dari radiasi berbahaya dari Bintang-nya. Bumi kita misalnya, diselimuti oleh medan magnet yang melindungi Bumi dan seluruh mahluk dipermukaan dari paparan radiasi kosmik terutama dari matahari yang mematikan.

Google Image

Magnetosphere bumi disebabkan olah Logam Cair di inti bumi yang terus bergerak. Tiap benda angkasa seperti planet mempunyai Medan magnet yang disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, Planet Jupiter misalnya, medan magnetnya disebabkan oleh Metalik Hidrogen yang terkompresi di inti planet. 


Medan magnet ini juga memantulkan/membelokkan partikel bermuatan yang mengarah kebumi. Namun sebagian dari partikel bermuatan itu ada yang terperangkap masuk sehingga menimbulkan pefomena yang kita sebut sebagai Aurora. Aurora ini sering terjadi di daerah Kutub.

Tak hanya itu, Menurut ilmuan Luar angkasa yang kosong itu ternyata di "huni" oleh Energy tak kasat mata seperti Dark Energy atau Dark Matter yang mendorong atau menggerakan galaksi-galaksi dan bintang-bintang terus serta membuat alam semesta itu sendiri terys mengembang.