Sering liat buah diatas ? yap Sirsak....buah ini sudah jarang ditemukan dan ditanam di lingkungan perumahan. Entah karena rasanya yang kurang di sukai atau memang kalah pamor sama buah yang lain. 

Tapi tahukah kita bahwa buah ini di Desain Tuhan untuk membawa manfaat yang tidak terdapat di jenis Buah yang lain ? . berikut beberapa manfaat dari buah ini dari berbagai sumber : 
buah ini banyak dimanfaatkan daun nya yang sebagian penelitian lebih berkhasiat untuk penyakit tertentu. tapi buat yang malas mengolah daunnya, tidak perlu risau karena Buah nya pun tidak kalah sangar dan tentunya bisa langsung lahap

Sejumlah penelitian baik yang dilakukan oleh para praktisi kesehatan maupun institusi pendidikan dan pemerintah, menemukan bahwa zat/ senyawa yg terkandung dalam buah sirsak dapat memberikan efek sangat baik untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

•    Journal of Natural Product menerbitkan sebuah hasil penelitian yg dilakukan oleh Catholic of South Korea, dimana dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa salah satu senyawa dalam buah sirsak dapat membunuh sel kanker pada usus besar. Kekuatannya bahkan diyakini 10.000 kali lebih besar dibandingkan obat kemoterapi adriamycin. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa ekstrak sirsak mempunyai sejumlah kemampuan hebat seperti menyerang kanker secara efektif serta aman bagi tubuh. Senyawa tersebut juga dapat memberikan perlindungan terhadap system imun serta menghindari infeksi mematikan pada tubuh.

•    vine-uk.com melansir sekitar 20 tes laboratorium yg menyatakan bahwa kandungan senyawa dalam buah sirsak efektif dalam membunuh sel-sel kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, payudara, prostate, pancreas, dan serviks. Dalam tes disebutkan juga bahwa senyawa dalam buah sirsak tersebut tidak merusak sel-sel sehat, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah infeksi.

•    Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) yaitu Dr.Hardhi menyatakan bahwa dalam buah sirsak terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Uniknya, Tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.

•    Fakta bahwa buah sirsak memiliki khasiat pengobatan, sudah dilakukan oleh suku Indian dari benua amerika. Mereka sudah menggunakan bagian-bagian tanaman sirsak termasuk buahnya sebagai obat tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit.

Manfaat lainnya dari buah sirsak, antara lain :
1.    Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.
2.    Zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia.
3.    Selain fosfor dan kalsium, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga kebutuhan tulang akan nutrisi bisa terpenuhi.
4.    Selain aroma segar yg dimiliki buah sirsak, terkandung juga thiamin, dimana zat ini bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh.


Sudah jelas bukan manfaat ini buah ? segera beli atau tanam di pekarangan rumah masing-masing :D


Ref : FK Unud