Galaksi spiral M83 dan sistem MQ1 dengan jet
Galaksi spiral M83 dan sistem MQ1 dengan jet, seperti yang terlihat oleh Hubble Space Telescope. Lingkaran biru menandai posisi sistem MQ1 di galaksi.
M83: NASA / ESA / Hubble Heritage Team (WFC3/UVIS, STScI-PRC14-04a). MQ1 inset: WP Blair (Johns Hopkins University) / R. Soria (ICRAR-Curtin)


Para astronom dari Australia dan Amerika baru-baru ini berhasil menemukan Black-Hole ( Lubang hitam) . Lubang hitam super massive ini dinamai MQ1 oleh Astronom. Lubang hitam ini terletak di gugusan bintang galaksi M83 yang berjarak kira-kira 15jt tahun cahaya dari Bumi.

MQ1  diobservasi dengan multiple teleskop dan ditemukan fakta bahwa Lubang hitam ini hanya lubang hitam dengan ukuran biasa (standar). sebelumnya dikemukakan teori bahwa Lubang hitam ini cukup besar karena kekuatan nya yang dahsyat.

Roberto Soria dari Curtin University di Australia, yang memimpin investigasi MQ1 tim, mengatakan hal itu penting untuk memahami bagaimana bintang terbentuk, bagaimana mereka berevolusi, dan bagaimana mereka meninggal dalam berbentuk spiral galaksi seperti M83. 

"MQ1 digolongkan sebagai microquasar - sebuah lubang hitam yang dikelilingi oleh gelembung gas panas, yang dipanaskan oleh dua jet di luar lubang hitam,  menembakan energi yang besar dalam arah yang berlawanan, bertindak seperti sandblasters kosmik yang mendorong keluar  gas sekitarnya, "kata Soria.

Meskipun lubang hitam di MQ1 hanya sekitar 62 mil (100 kilometer) lebar, struktur MQ1, seperti yang diidentifikasi oleh Teleskop luar angkasa Hubble, jauh lebih besar dari sistem tata surya kita - jet sekitarnya melebar sekitar 20 tahun cahaya dari kedua sisi  lubang hitam. 

penemuan ini memperbanyak Koleksi penemuan Lubang hitam oleh astronom. bayangkan saja, penumuan lubang hitam ini masih terus berlanjut. Bahkan di Pusat galaksi kita (Bimasakti), terdapat lubang hitam yang masih terus berkembang. Memang diperkirakan butuh waktu miliaran tahun lagi bagi lubang hitam di bimasakti ini untuk menelan tata surya kita tapi tetap saja ini membuat kita ngeri bukan :D.

Ref : http://www.astronomy.com/