Jangan Lupa, 9 Maret 2016 ada Gerhana Matahari loh!
|Shares :

Jangan Lupa, 9 Maret 2016 ada Gerhana Matahari loh!

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) sangat jarang terjadi, dan pada 9 Maret 2016 mendatang kawasan Timur Indonesia akan mengalami GMT yang terjadi 54 tahun sekali.

Menurut Kepala Observatorium Boscha, Mahasena Putera, peluang terjadinya Gerhana Matahari Total setiap tahun sebenarnya mencapai 13 kali.

Namun, karena orbit Bumi terhadap matahari yang miring, maka hanya ada dua kali kemungkinan dalam satu tahun. Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terjadi di wilayah yang sama dan Indonesia Timur sangat jarang mengalami gerhana total ini.



Ilmuan mengimbau agar masyarakat tidak menatap langsung gerhana sebelum mencapai total. Indonesia sendiri sempat dilintasi Gerhana Matahari Total pada 11 Juni 1983. Kemudian terjadi kembali pada 24 Oktober 1995 dan terjadi hanya selama 2 menit.

Khusus Gerhana Maret nanti, Kota yang paling jelas bisa melihat yaitu Maba di Maluku Utara. Anda yang dari Maluku siap-siap yah. Lama gerhana sekitar 3 menit 20 detik. Katanya NASA dan LAPAN akan mengadakan penelitian di Maba, Maluku.

Tags : #sains #gerhana #matahari


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains