Ilmuan : Planet Bumi awalnya adalah dua planet yang menjadi satu
|Shares :

Ilmuan : Planet Bumi awalnya adalah dua planet yang menjadi satu

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Universitas California, Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa bumi pada awalnya adalah gabungan dari dari dua planet: Bumi dan Theia. Theia adalah sebuah protoplanet seukuran Mars yang menabrak Bumi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu saat Bumi baru berusia 100 juta tahun.

Sebelumnya Ada juga teori yang menyatakan bahwa terbentuknya Bulan adalah akibat dari tumbukan Bumi dan Theia. Dan setelah tumbukan itu Theia "pergi" melanjutkan perjalanan antariksanya.



Studi baru ini menyatakan bahwa Theia justru melebur dengan Bumi dan menjadi satu seperti Bumi yang sekarang ini. Studi dari UCLA ini sudah diterbitkan di Journal Science dan menjadi bahan pembicaraan hangat astronom dan ilmuan dunia.

Richard Young, kepala peneliti dan profesor geokimia dan astrokimia, mengatakan bahwa setelah bertumbukan, "Theia bercampur sepenuhnya dengan Bumi dan bulan, dan merata di antara mereka."


Image : UCLA


Dalam keterangan resminya pihak UCLA menyatakan bahwa  Tim peneliti Young menggunakan teknik dan teknologi mutakhir untuk membuat pengukuran luar biasa tepat dan hati-hati, dan memverifikasi mereka dengan spektrometer massa baru UCLA.

Studi UCLA ini semakin menambah "kosakata" Teori dari awal mula terbentuknya Bumi. Hingga saat ini, telah banyak Teori yang mengemukanan awal mula terjadinya Bumi di Tata Surya.

UCLA

Tags : #sains #antariksa


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains