Gunting Genetik untuk Sembuhkan HIV/AIDS
|Shares :

Gunting Genetik untuk Sembuhkan HIV/AIDS

HIV/AIDS adalah penyakit yang paling ditakuti dan hingga kini masih belum ditemukan Obat Penyembuh-nya. Metoda penyembuhan yang sekarang ada masih sebatas untuk mencegah Virus menyebar dan memperkuat antibody penderitanya saja.

Visurs ini mampu menyeludupkan informasi terkait susunan DNA-nya ke dalam Genom sel manusia. Sejauh ini manusia cuma mampu mencegah penyebaran virus, tanpa bisa mengusirnya.



Belakangan ini Ilmuan Jerman mengumumkan terobosan teranyar dalam perang melawan HIV/AIDS. Para peneliti mengembangkan
gunting genetik
untuk memotong DNA virus dari sel-sel yang terinfeksi. Temuan diyakini tersebut akan memperkaya terapi HIV/AIDS dalam beberapa tahun ke depan.

Tim yang dipimpin Joachim Hauber dari Institut Heinrich Pette dan Frank Buchholz dari Univesitas Teknik Dresden itu menggunakan enzim khusus bernama Enzyme Brec1 yang mampu mendeteksi DNA virus dan memotongnya dari sel-sel tubuh.

Nantinya terapi tersebut bukan tanpa risiko. Jika sebuah sel terinfeksi dua virus sekaligus, enzim tersebut bisa ikut memindahkan DNA yang ada di antara kedua virus tersebut dan melenyapkan informasi genetik yang mungkin berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi virus.


Hingga kini Ilmuan diseluruh dunia masih terus mencari Penyembuh HIV, ribuan penelitian dan metoda telah diujicoba baik di lab maupun terhadap pasien. Kendati HIV belum ditemukan Obatnya, kita tetap harus percaya bahwa suatu saat Ilmuan akan menemukan terobosan baru dalam hal ini.


Dan hendaknya bagi kita terutama kaum muda, agar menjauhi segala hal yang dapat mendekatkan kita pada penyakit ini.


Ref : dw.de


Tags : #


SHARES :


Budy K's Avatar

Sains & Teknologi Enthusiast, Software Developer. Check my profile!
> 75% komen akan dibalas. Mohon sabar ya. Simpan halaman ini dan cek kembali lagi

Comments

* Email will not be published


    Privacy .ToS .Contact Us
    © 2017 Teknosains