Salah satu hal yang sering keluhkan oleh pengguna gadget Android maupun iOS adalah baterai yang cepat habis. Penyebab utamanya bisa jadi aplikasi yang dimana mereka berjalan di background saat tak diperlukan. Jika Anda merasa bahwa cara yang tepat adalah menginstal aplikasi task killer maka hentikan. Aplikasi jenis tersebut tak cocok untuk manajemen sistem Android yang sebenarnya sudah pintar. Apa saja aplikasi untuk pantau pembunuh baterai Android?

Yang Anda perlukan adalah aplikasi yang fungsinya memantau gadget Anda. Berikut kami uraikan 3 aplikasi untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut dan ketiganya dapat Anda cari dan download via Play Store loh.

Wakelock Detector

Android memiliki manajemen baterai built-in. Ketika Anda tidak menggunakan gadget, maka sistem akan menonaktifkan layar lalu mengistirahkan CPU. Aplikasi dapat menggunakan wakelocks untuk mencegah hal tersebut terjadi. Aplikasi seperti itu jelas dapat membebani baterai karena akan terus aktif.

Wakelock Detector adalah sebuah aplikasi yang dapat mengecek histori penggunaan wakelocks pada gadget, kemudian mendeteksi aplikasi mana yang mencegah gadget untuk beristirahat ketika sedang tak digunakan. Terdapat informasi seberapa sering sebuah aplikasi menggunakan wakelocks.

Penggunaan aplikasi ini mudah, Anda dapat menyaring aplikasi yang membawa wakelocks sebagian (CPU on, layar off) dan wakelocks penuh (CPU on, layar on). Setelah Anda mengetahui aplikasi mana saja yang mencegah gadget beristirahat, Anda dapat menonaktifkan atau menghapusnya dari sistem. Yang perlu dicatat, Wakelock Detector memerlukan akses root untuk berjalan.

GSam Battery Monitor

Terdapat berbagai aplikasi pemantau baterai pada Play Store, tetapi tak ada yang seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini dibekali dengan berbagai tool berbeda yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Pada halaman utama aplikasi, Anda dapat langsung melihat penggunaan baterai berdasarkan beberapa kategori, yakni panggilan telepon, waktu layar hidup, aktivitas WiFi dan sebagainya. Dengan salah satu fiturnya yakni App Sucker, Anda bisa mendapatkan detail informasi untuk penggunaan CPU, termasuk detail wakelocks.

Berbagai grafik yang ada dapat dibaca dengan mudah. Asalkan GSam Battery Monitor berjalan, maka akan menampilkan detail seperti temperatur baterai, sinyal telepon dan rata-rata konsumsi baterai. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa hak akses root, tetapi dengan rooting Anda bisa mengakses informasi lebih seperti informasi wakelocks, data sensor dan lainnya.

Watchdog Task Manager

Aplikasi ini sebenarnya termasuk lawas juga mengingat update terakhirnya adalah Februari 2012. Namun fungsi yang ditawarkan masih relevan hingga saat ini. Watchdog Task Manager merupakan tool terbaik untuk mengidentifikasi aplikasi yang nakal. Yang perlu Anda catat, aplikasi ini tidak berjalan sebagai task killer otomatis.

Watchdog Task Manager juga menawarkan fitur whitelist dan blacklist. Aplikasi pada whitelist tak akan memicu peringatan jika mereka membebani CPU, sedangkan pada blacklist sebaliknya (plus menonaktifkan aplikasi tersebutt jika melewati batasan CPU). Tapi fitur blacklist hanya tersedia pada versi berbayar.

Semua aplikasi tersebut bisa dinikmati oleh siapapun pengguna smartphone baik yang berbasis Android. Para penggunanya hanya membutuhkan paket internet atau pulsa untuk menjalankan jaringan internet di ponsel pintar tersebut. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa memilih aplikasi ramalan yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jaringan internet sangat penting dalam hal ini. Jadi, kika kamu tidak bisa mendapatkan jaringan internet hanya karena kehabisan paket internet atau pulsa saat ingin mengunduh aplikasi tersebut, maka segeralah lakukan pengisian ulang. 

Kini dengan adanya kemajuan teknologi, kamu pun bisa melakukan pengisian ulang saldo atau paket data internet melalui situs web tertentu. Salah satunya seperti di Traveloka. 
Situs web ini menyediakan berbagai penjualan saldo atau paket data internet dari berbagai operator telekomunikasi.

Kamu bisa memilih satu diantaranya pada tautan ini https://www.traveloka.com/connectivity. Setelah kamu berhasil melakukan pengisian ulang, maka kamu bisa dengan mudah mengunduh aplikasi dan menggunakannya setiap saat.