Beberapa hari lalu Motorola Moto G temasuk untuk kawasan Indonesia resmi kedatangan Android 5 Lolipop. Pengguna Moto G telah dapat melakukan Upgrade dan merasakan bedanya Lolipop ini. 

Sebelum upgrade jangan lupa persiapan Baterai dan Koneksi Wi-fi yang cukup cepat.

Apa saja yang beda di Android 5 khususnya untuk Moto G ? 

1. Home Screen

 Pada Home screen akan terlihat jelas bedanya pada sisi 

atas dan bawah. Icon notifikasi seperti Baterai, sinyal dan Wifi nampak berbeda. Semua berdimensi flat dengan warna penuh.

Lalu pada bagian bawah (navigasi) terlihat Icon nya berbeda dari Android sebelumnya. Nampak lebih simple.

2. Widget & Notifikasi Apps

Saat anda Swipe ke bawah, maka widget khusus Android akan muncul seperti gabar disampaing. Icon-icon nya pun berubah. Notifikasi Apps seperti BBM, WA dsb muncul dibawah nya.

Pada saat idle (terkunci) Apps notifikasi akan muncul ditengah layar.



3. System tray

Pada android 4 sistem tray sejajar disamping kanan Screen. Sekarang sistem Tray menumpuk ditengah dengan efek Rounding on scroll.

Karena ukurannya cukup besar, kita bisa lebih jelas melihat aktivitas sebelumnya pada Apps.

Untuk meng-Kill tray, kita bisa Swipe ke kiri, kanan atau dengan icon X di pojok kanan atas.


4 Icon

Icon-icon system atau default di Android 4 dirubah 'total' pada Android 5. meski lebih dominan dalam hal warnanya, Namun tetap saja Android 5 lebih terkesan smooth dan simple.

  


5. Material Design

Jelas yang paling mencolok dari Android 5 adalah material design yang ciamik, smooth dan responsive. (bagi yang sudah terinstall Lolipop) Silahkan cek menu Contact, Calender dll. Semua begitu terasa bedanya.

Dari 'pengalaman' saya selama beberapa hari memakai Lolipop ini jelas beda banget. Animasi, navigasi dan taste nya lebih enak dan Smooth.