Peneliti dari Columbia University’s School of Engineering and Applied Science berhasil membuat aksesoris pada iPhone yang mampu membantu diagnosis penyakit HIV dan sipilis dalam 15 menit.

Alat yang dihubungkan dengan iPhone ini akan mengambil sample darah (sedikit) dari jari pengguna lalu akan memulai otomatis proses analisis penyakit tersebut. Hasil analisa akan ditampilkan di Layar iPhone



Alat ini sudah di uji coba terhadap 100 pasien di Rwanda, Afrika dan mendapat hasil yang menggembirakan bagi pembuatnya. Saat ini Aksesoris iPhone 'keren' ini masih di disematkan di iPhone dan hanya tim ilmuan saja yang tahu bagaimana menggunakannya. 

Anda juga tidak menemukan alat ini di Apple Store atau dimana saja. Penelitian dan pengembangan alat ini masih terus dilanjutkan dan diharapkan dapat menjadi produk massal yang mampu membantu pasien dimasa mendatang.

Peneliti mengemukakan bahwa alat ini amatlah murah jika dibuat produk masal yakni hanya akan memakan biaya 34$ per alat. Dibandingkan dengan alat pendekteksi biasa untuk penyakit tersebut, Aksesoris ini jauh lebih murah dan efisien. (sciencedaily)