Astronom membuat remake Foto dari bulan planet Jupiter yang diambil oleh wahana antariksa Galileo milik NASA. Galileo yang diluncurkan October 18, 1989 silam menjelajah sekitar Europa dan mengambil foto-foto nya. 

Astronom kemudian menerapkan teknik khusus untuk meremake jepretan Galileo seperti gambar berikut. 


Yang menarik dari Europa adalah bahwa terdapat samudra dibawah permukaannya yang tertutup Es. Ini juga mengilhami Holywood memproduksi FIlm Sci-Fi Europa Report yang bercerita perjalanan ruang angkasa 6 Astronot ke Europa untuk mencari jejak kehidupan disana.



Dalam cerita film diatas Astronot menemukan mahluk hidup dibawah permukaan Es yang pada ujungnya membuat nasib ke 6 Astronot tragis. 

Namun apakah ada kehidupan disana menurut Ilmuan yang sebenarnya ? 

Ilmuan belum bisa memastikan dan membuktikan secara ilmiah jika ada Organisme atau kehidupan di samudra Europa. Namun ilmuan berkeyakinan bahwa jika ada Air, sangat mungkin ada mahluk hidup meskipun sejenis Mikroorganisme. 

Sampai saat ini Ilmuan masih kesulitan untuk mengadakan penelitian langsung ke Europa. Diperkirakan kedalaman samudra nya mencapai 100 kilometer ditambah lapisan atas yang beku dan bisa mencapai beberapa kilometer. 

Ini tentu sangat sukar untuk ditembus oleh mesin Bor kecil seperti bor yang terdapat pada Curiousity di Mars atau bor  Philae di Komet Churyumov-Gerasimenko

NASA sendiri mengakhiri Galileo dengan cara menghancurkannya di Atmosfir Jupiter. Mereka tidak menjatuhkan Galileo di Europa karena khawatir jika disana memang terdapat kehidupan Mikroorganisme, maka tubrukan Galileo bisa saja mengontaminasi Europa dan memusnahkan Mikroorganisme tersebut.  

Simak video berikut tentang Europa



Ref : NASA, ScienceDaily