Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Planet ini sering dijuluki sebagai "planet merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi oksida di permukaan planet Mars. 


Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana.

Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan, kondisi di planet Mars akan membuat manusia meninggal dalam waktu 68 hari.
 
Menurut mereka, butuh teknologi yang canggih sebelum manusia bisa menetap di Mars. Salah satu penyebab, manusia tidak bisa tinggal lama di Mars, karena kadar oksigen di planet itu akan terkuras dalam waktu sekitar dua bulan.

Berikut 5 Alasan Kenapa Manusia Tidak Mampu Hidup di Planet Mars versi teknosains :

#1. Gravitasi

Tingkat gravitasi di Mars diketahui sebesar 38 persen sehingga masih bisa memungkinkan bagi para manusia untuk dapat berjalan di Mars. Namun salah satu kendalanya manusia tidak akan bisa bergerak dengan leluasa karena terbatas oleh tingkatan gravitasi Planet Merah. Bahkan kondisi gravitasi `One-G` yang mana mampu menggerakan skeletal, muscular, cardiovascular-nya dengan baik.

#2. Atmosfer

Planet mars memiliki lapisan atmosfer Bumi 100 kali lebih padat yang terbuat dari  78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan 1 persen kumpulan gas dengan kandungan karbondioksida sebanyak 96 persen yang mana sangat beracun bagi manusia. Bahkan sisa lapisan atmosfer memiliki kandungan kumpulan gas argon, nitrogen, dan gas berbahaya lainnya yang pastinya tidak bisa menjamin kehidupan manusia.

#3. Temperatur

Sejumlah alasan kenapa manusia tidak bisa hidup di planet mars ini dikarenakan di planet mars memiliki temperatur yang sangat tinggi yakni berada di suhu sekitar -81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celsius)  dan berbeda di Bumi adalah sekitar 57 derajat Fahrenheit (14 derajat Celsius). Dengan temperatur yang tinggi itu sangat tidak mungkin membuat manusia bisa bertahan tanpa adanya bantuan alat canggih.

#4. Radiasi

Salah satu alasan kenapa manusia tidak bisa tinggal di planet Mars karena planet ini memiliki kandungan radiasi yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. peneliti NASA menjelaskan jika planet Mars memiliki tingkatan radiasi yang tinggi di antaranya ada Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs). Keduanya bisa membombardir manusia jika tidak disokong alat antiradiasi yang memadai ketika berada di Mars. Bahkan  sekitar 180 hari planet mars akan mengalami peningkatan radiasi sebanyak 15 kali.

#5. Infrastruktur

Planet mars memiliki tingkat infrastruktur yang jauh lebih beda dibandingkan bumi. Mars memiliki kelembapan suhu yang masih sulit dikontrol sehingga sulit jika ada kehidupan manusia di planet ini. Ketika sebuah atsmosfer semakin tipis, logikanya suhu cenderung akan sangat dingin. Kejadian ini membuat setiap air yang ada di permukaan Mars akan membeku.
Suhu di Planet Mars bervariasi. Pada musim panas, suhu akan mencapai 70 derajat Fahrenheit atau 21 derajat Celcius pada siang hari. Kurang lebih sedingin AC kamar di ruang tidur Anda.
Ini membuat kehidupan di planet mars akan sangat susah untuk dihuni karna manusia harus membangun infrastrukur yang sangat canggih agar manusia bisa bertahan.