Twitter tengah bersiap merumahkan (PHK) sekitar 300 orang karyawannya minggu ini, dikutip dari Bloomberg. Ini berarti sekitar 8% dari tenaga kerjanya di Amerika akan menyusut.

Merumahkan karyawan bukan issue baru di Twitter. ini terjadi akibat dari stagnan bahkan merosotnya performa perusahaan di lantai bursa. Twitter juga kesulitan bersaing dengan raksasa SosMed lain seperti Facebook, Instagram dll.

Padahal Twitter juga tak kalah seperti Facebook dalam hal akuisisi perusahaan. Tercatat beberapa layanan seperti Periscope, Gnip, TapCommerce, TellApart. Berikut daftar lengkap perusahaan yang dimiliki atau di akuisisi Twitter (cek disini - Wikipedia).  

Sejak sang Founder,  Jack Dorsey ditunjuk sebagai CEO, Oktober tahun lalu, Performa twitter masih tertatih-tatih dan salah satu kebijakan sang CEO adalah mem-PHK karyawannya.


Jack Dorsey, Founder &CEO Twitter

Sejak itu pula saham Twitter merosot sekitar 40% dan membuat pemegang saham sangat khawatir. Spekulasi saat ini adalah Twitter tengah mencari calon pembeli Potential.

Beberapa perusahaan besar dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membeli Twitter diantaranya Google dan Disney.

Patut kita tunggu bagaimana masa depan Twitter kedepan, SosMed yang dulu digadang-gadang akan mengalahkan hegemoni Facebook ini.